Monday, May 8, 2017

Mengapa Lagu Bikin Kita Baper?

Pernah dengar sebuah lagu yang membuat kita terbawa perasaan? Hampir semua orang pasti pernah merasakan seperti itu. 
Dan ternyata ini ada penelitian. Saya lansir dari studi seorang ilmuan saraf dan otak bernama Jaak Panksepp. Bisa digoogle dengan kata kunci "The neuroscience of emotion in music ", bentuknya pdf.


Intinya seperti ini, penelitian mengungkapkan musik mampu menstimulasi inti otak sehingga melepaskan hormon dopamin. Hormon ini membuat kita senang dan nyaman. 
Kadar dopamin akan meningkat tajam saat mendengar lagu-lagu favorit. Toh rumus ini berlaku pula untuk lagu-lagu sedih. Hingga munculah istilah baper.
Tapi tenang saja, Saudara. Menurut Pankseep, lagu sedih tapi ngena di hati justru memberi efek positif, membuat orang yang menyukainya lebih tenang. Jadi jika Anda punya lagu favorit yang memunculkan perasaan tertentu dan membuat nyaman, sebenarnya Anda akan lebih bahagia. 
Nah, berhubung ini adalah blog pribadi yang kurang afdhol tanpa ada cuhatan pemiliknya, saya akan bercerita tentang sebuah lagu yang bikin baper. Sejak remaja sampai sekarang dewasa meski tetap muda, saya punya lagu yang disukai secara periodik. 
Perasaan saya berada di titik rendah saat harapan punya anak belum kunjung terkabul. Saking sedihnya, saya bisa menitikkan air mata. 
Tapi dengan lagu ini, perasaan di hati cenderung lebih lempeng dan jadi tak sedih-sedih amat. Istilahnya mulai beralih ke "segera dikasih ya alhamdulilah tapi kalau belum ya sudah". 
Saat perasaan pengen punya anak muncul, saya akan menyanyikan lagu ini kencang-kencang. Setelah itu, emosi saya mulai membaik dan berpikir positif untuk berjuang kembali. Istilahnya hasrat pengen hamil yang tak segera tercapai sudah tidak menyakiti saya lagi.  
Lagu itu berjudul "Sementara" dari Float. Untuk lebih detailnya bisa didengarkan dari sini https://www.youtube.com/watch?v=iU_xn_2-_B0
Sedangkan liriknya sebagai berikut:
Sementara teduhlah hatikuTidak lagi jauhBelum saatnya kau jatuhSementara ingat lagi mimpiJuga janji janjiJangan kau ingkari lagi
Percayalah hati lebih dari iniPernah kita laluiJangan henti disini
Sementara lupakanlah rinduSadarlah hatiku hanya ada kau dan akuDan sementara akan kukarang ceritaTentang mimpi jadi nyataUntuk asa kita ber dua
Percayalah hati lebih dari iniPernah kita laluiTakkan lagi kita mesti jauh melangkahNikmatilah laraJangan henti disini
Nikmatilah lara untuk sementara saja
**Dan syukurnya, suami saya juga suka lagu ini. Akhirnya kalau saya sedang nyanyi "Nikmatilah lara" dia akan menjawab "Untuk sementara saja". Lantas kami akan bernyanyi bersama.
Jadi apa lagu favorit anda yang bikin baper?  


Sumber foto: Shutterstock, bukan saya dan suami karena kami tak seramping itu. 

No comments:

Post a Comment